Yah Ampun! Pasangan Ini Berfoto Dengan Tak Hormat Di Makam Keramat Tana Toraja! Inilah Yang Selanjutnya Terjadi Pada Mereka..

Jangan sembarangan berfoto dengan gaya melecehkan di tempat orang. Kita sepatutnya selalu menghargai si tuan rumah.
Pasangan yang viral usia mengunggah fotonya dengan gaya melecehkan di objek wisata Tana Toraja tepatnya di Kete Kesu.
Kete Kesu adalah kawasan cagar budaya dan pusat berbagai upacara adat Toraja
Sontak foto ini membuat geram warga dan pemerhati budaya Toraja
Bagaimana tidak, Kete Kesu merupakan Makam Toraja yang sangat dikeramatkan.
Perlu ditegaskan, bahwa situs ini sangat berharga dan ditinggikan oleh warga Toraja di desa adat sekitar.
Selain itu, Kete Kesu menjadi kawasan cagar budaya dan pusat berbagai upacara adat Toraja.
Dalam foto-foto yang tersebar di media tampak seorang wisatawan berpose menginjak tengkorak, lalu lainnya mengangkat dan memainkan salah satu tulang jenazah dan berpose seolah sedang bermain gitar.
Hal yang sama juga diungkapkan salah satu tokoh pemuda Toraja, Annas Batara. Menurutnya hal seperti ini harus menjadi pelajaran bagi para wisatawan yang ingin datang ke Toraja agar bisa mengontrol diri dalam menghargai adat budaya setempat.
Ia mengatakan para pelaku sudah dikategorikan telah melanggar adat juga melanggar UU benda purbakala.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno menyayangkan hal tersebut.
“Betul kemarin kita sudah melihat terlebih dahulu isi dari foto atau video tersebut. Pada intinya kami menyayangkan karena bagaimanapun itu adalah tulang-belulang leluhur kita yang harus dihormati,” ujar Harli seperti MalangTODAYnet kutip dari laman tribunnews.com, Sabtu (24/03).
Harli pun menyampaikan bahwa mereka seharusnya tahu kode etik sebelum berpose di tanah leluhur. Kode etik tersebut pastinya telah disampaikan oleh pemandu atau pengelola wisata.
Kendati demikian, Harli mengaku peristiwa ini baru pertama kali terjadi. Sehingga untuk menghindari akan terjadi hal serupa, Pemerintah Daerah (Pemda) Toraja Utara akan bekerja sama dengan pengelola obyek wisata setempat.
Harli menghimbau agar para pengunjung dan wisatawan, terutama yang mendatangi situs makam, untuk berperilaku sopan dan menghormati para leluhur dengan mengikuti aturan yang ada.
Untuk di ketahui, Warga Toraja begitu menjaga dan merawat makam leluruhnya. Bisa dibayangkan bagaimana sedih dan geramnya warga sekitar saat beredar foto pose ‘injak tengkorak’ tersebar di berbagai media sosial.
Dua pelaku bernama Randy dan Rezky yang berpose tak sewajarnya di objek wisata Kete Kesu, hingga menghebohkan netizen di media sosial (medsos) akhirnya meminta maaf.
Didampingi keluarga dari Maluku dan pihak kepolisian Polres Tana Toraja, dua pelaku meminta maaf kepada Yayasan Kete Kesu, pemerhati budaya dan masyarakat Toraja.
Awalnya, pelaku menyerahkan diri kepada polisi di Makassar. Selanjutnya dua pelaku dibawa ke Toraja untuk bertemu dengan tokoh masyarakat.
Pertemuan tersebut berlangsung di objek wisata Kete Kesu, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Senin (26/3/2018) siang.
Keduanya bergantian meminta ampun dan minta maaf dengan tulus dan penuh penyesalan di hadapan pemangku adat setempat, pemerhati budaya dan kepolisian.
Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Kesu sekaligus tokoh adat setempat, Layuk Sarungallo mengatakan dua pelaku tersebut dikenakan sanksi adat, sesuai hasil sidang.
"Mereka akan menjalani sanksi adat besok, satu ekor babi harus dipotong dan bawa pangngan (sirih) ke lokasi kuburan sekaligus minta maaf ke arwah leluhur," ujarnya.
Jelasnya, sanksi adat yang diberikan terhadap kedua pelaku merupakan sanksi teringan sebab melakukan perbuatan itu bukan atas dasar kesengajaan.
"Kami juga dari pengelolah dan keluarga besar Kete Kesu telah memaafkan perbuatan mereka yang viral di media sosial," tutup Layuk.
Sanksi adat yang dibicarakan melibatkan Kepolisian Polres Tana Toraja, Pemerintah Toraja Utara, Forum Pemerhati Budaya Toraja, pelaku dan keluarganya.
Masyarakat yang pintar selayaknya saling menghargai adat istiadat orang lain dimanapun mereka berada
Sumber: tribun
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==